Kelompok
Bermain Laboratorium PGPAUD UPI berdiri sejak tahun 2006, dibawah naungan
laboratorium PGPAUD FIP UPI. Secara rinci, profil Kelompok Bermain Laboratorium
PGPAUD UPI adalah sebagai berikut:
A.
Visi dan Misi
Kelompok Bemain Lab. PGPAUD UPI
1.
Visi
Mengembangkan
anak menjadi individu yang berkualitas dan memiliki keunggulan kognitif,
bahasa, sosial, emosional, berkepribadian, kreatif, mandiri dan berakhlak
mulia.
2.
Misi
a. Mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak secara optimal
b. Mengembangkan potensi anak
c. Meningkatkan profesionalisme guru
secara berkelanjutan
d. Memelihara dan meningkatkan mutu
proses pembelajaran.
e. Menciptakan kegiatan pembelajaran
yang aktif, inovatif dan menyenangkan
B. Tujuan Kelompok Bermain Lab. PGPAUD UPI
Meletakkan dan mengembangkan potensi yang dimiliki
anak meliputi pengetahuan, kepribadian, akhlak dan keterampilan untuk hidup
mandiri dan mengikuti jenjang pendidikan dasar.
C.
Sasaran Program
Sasaran
program Kelompok Bermain Lab. PGPAUD UPI adalah anak usia 2 sampai 4 tahun.
D. Aktivitas Pembelajaran
1. Free Play
Free
Play (bermain bebas); anak bebas untuk memilih tempat dan mainan yang ingin dimainkan.
Free Play ini bertujuan untuk meningkatkan inisiatif anak dalam memilih atau
melakukan suatu hal.
2. Opening Circle Time
Circle
Time adalah kegiatan yang mengantarkan anak sebelum memasuki memasuki kegiatan
inti, dalam Circle Time ini anak bernyanyi dan bergerak sesuai irama. Kemudian
berlanjut pada kegiatan berdo’a (Praying),
salam dan sapa (greeting) dan
bercerita (Sharing) berkaitan dengan
pengalaman masing-masing anak.
3. Group Activity
a. Art and Craft: Aktivitas Art and Craft bertujuan untuk
mengembangkan imajinasi dan berpikir kreatif, serta meningkatkan apresiasi anak
terhadap karya seni.
b. Sains:
Aktivitas Sains bertujuan untuk
meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman terhadap fenomena alam.
c. Gymnastic:
Aktivitas Gymnastic bertujuan untuk
mengembangkan dan menstimulasi perkembangan motorik anak, selain itu untuk
membiasakan perilaku hidup sehat.
d. Cooking: Aktivitas Cooking bertujuan untuk
memberikan pengalaman langsung pada anak dalam kegiatan yang menyenangkan (Memasak),
selain itu kegiatan Cooking ini pun meningkatkan kemampuan logika, konsep
pengukuran atau konsep lain dalam perkembangan kognitif anak.
e. Living Value:
Aktivitas Living Value bertujuan untuk
menanamkan nilai-nilai kehidupan pada anak, misalnya nilai kasih sayang dan
berbagi.
f. Shiny Day:
Shiny Day merupakan aktivitas yang
menitikberatkan kepada kebebasan anak untuk bereksplorasi, mengekspresikan
diri, dan merasakan pengalaman yang menyenangkan.
g. Iqra Time:
Aktivitas Iqra Time bertujuan untuk
mengenalkan Iqra pada anak sejak dini, melalui aktivitas yang menyenangkan.
4. Snack Time
Snack
Time merupakan sequence dalam pembiasaan mencuci tangan, berdo’a sebelum dan
sesudah makan, Clean Up, dan pembiasaan
menyikat gigi setelah makan. Hal ini diharapkan dapat membiasakan anak untuk
berperilaku hidup bersih dan sehat.
5. Closing Circle Time
Aktivitas
yang dilakukan dalam Clossing Circle Time antara lain Evaluating, Singing
together, praying, Greeting, and Borrowing Books. Pembiasaan meminjam buku
diharapkan dapat meningkatkan minat anak dalam membaca buku sejak dini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar